Kamis, 23 Januari 2020

Agar Lebih Awet, Yuk Simak Jenis Sablon Jersey Futsal

Umumnya jersey akan dilengkapi dengan nomor beserta nama, yang dapat ditemukan di bagian punggung penggunanya. Tak hanya nomor dan nama, ada pula beberapa gambar lainnya yang menghiasi jersey agar terlihat lebih menarik. Tersedia dalam beberapa jenis sablon, ada baiknya sebelum bikin jersey futsal mengetahui jenis sablon tepat untuk jersey kesayangan. Berikut beberapa jenis sablon yang bisa dikenakan.

Berbagai Jenis Sablon yang awet Untuk Membuat Jersey
1. Jenis Sablon Rubber
Disebut sebagai jenis sablon tertua serta menjadi cikal bakal dari munculnya jenis sablon lainnya, dalam proses pembuatanya menggunakan cara manual dengan teknik tertentu. Meski terkesan kuno, hasil sablon yang ditawarkannya tidak boleh dipandang sebelah mata. Bahkan beberapa produsen pakaian masih mempertahankan teknik sablon satu ini, di setiap proses produksinya karena hasilnya dianggap cukup berkualitas.

Masih menggunakan tenaga manusia, proses pembuatannya pun memerlukan waktu yang cukup banyak daripada jenis sablon lainnya. Dibutuhkan sebuah screen yang dibuat secara khusus, sebelum memasuki proses mencetak sablon. Dimana nantinya screen akan ditempelkan, serta cat sablon pun perlahan akan dioleskan menggunakan media screen sebagai alat mencetak desain yang diinginkan ketika bikin jersey futsal.

Alasan beberapa produsen sablon yang mempertahankan teknik manual ini, lantaran warna yang dihasilkannya terlihat jelas dengan sablonannya yang terlihat lebih tebal. Sablon terlihat merekat erat pada kain, sehingga tidak diperlukan perawatan khusus untuk membuatnya tetap awet digunakan. Cenderung lentur nan elastis, tidak mengherankan bila jenis sablon ini kemudian tetap digemari.

2. Jenis Sablon Polyflex
Hasil sablonya terlihat lebih rapi dengan tekturnya yang lembut, tidak mengherankan kemudian jenis sablon ini banyak diminati bagi pembuat jersey. Hanya saja, jenis sablon satu ini memerlukan perawatan khusus agar hasil sablonnya tidak mudah rusak. Sehingga jenis sablon satu ini tidak dianjurkan untuk dipilih, ketika kamu tidak ingin repot untuk merawatnya. Oleh karenanya, perlu untuk mengetahui jenis sablon tepat, ketika bikin jersey futsal kesayangan.

3. Jenis Sablon Press
Ingin hasil sablon awet hingga beberapa waktu kedepan ? Tidak ada salahnya untuk menggunakan jenis sablon press. Hasil sablonnya diketahui menyatu sempurna dengan bahan jersey, yang membuatnya tidak mudah rusak meski terkena gesekan berulang kali sekalipun. Namun perlu dicatat bila, perlu memastikan bahwa bahan jersey yang akan disablin menggunakan warna cerah.

4. Jenis Sablon Printing
Dalam proses pembuatan sablonnya, para penerima jasa sablon akan menggunakan mesin khusus yang dilengkapi dengan tinta khusus unuk mencetak desain pada jersey. Metode pencetakannya sendiri dibagi menjadi dua, yaitu metode langsung mencetak (DTG) dan metode yang memanfaatkan kertas khusus untuk mencetak desainnya. Ketika menggunakan metode yang terakhir, sang pencetak desain akan menyublimkan desain cetak ke jersey.

Menggunakan teknologi canggih dalam pembuatannya, tentu saja ada segudang manfaat yang bisa diambil ketika mengenakannya. Selain lebih hemat dalam proses produksinya, sablon jenis ini dipercaya mampu mencetak desain rumit sekalipun. Tak tanggung taggung, pembuat desain pun tidak akan terbatas akan warna, karena banyaknya varian warna yang bisa dihasilkannya. Dengan segala keunggulannya, membuatnya menjadi pilihan alternatif untuk bikin jersey futsal.

Penting untuk memilih jenis sablon tepat, agar hasilnya awet dan dapat dikenakan hingga beberapa waktu kedepan. Sehingga identitas yang disablon tidak akan mudah koyak dan rusak, akibat tidak dirawat dengan baik. Apabila tidak ingin repot merawatnya, silahkan memilih beberapa jenis sablon yang tidak mudah rusak meski tidak dilakukan perawatan. Dengan pemilihan tepat, jersey kesayangan pun bisa dikenakan meski telah dimiliki sejak lama.