Minggu, 01 November 2020

Simak 3 Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Kirim Barang Di Kilo.Id

Sebelum melakukan kegiatan pengiriman barang anatar negara, maka ada berbagai hal yang perlu untuk kamu ketahui. Sehingga dengan mengikuti segala hal yang perlu diperhatikan, pengiriman barangmu akan berjalan dengan lancar tanpa kendala. Salah satunya cara impor barang dari Korea Kilo.Id juga memberikan hal – hal yang perlu diperhatikan. Berikut ulasannya.

Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Kirim Barang

1. Mengetahui Jenis Barang Lolos Impor

Sebelum melakukan impor akan lebih baik apabila mengetahui terlebih dahulu mengenai jenis – jenis barang yang legal dan dilarang atau illegal untuk masuk ke dalam negara. Sehingga tidak akan ada resiko terjadi pelanggaran atau tindakan kriminal karena melakukan pengiriman barang antar negara. Sehingga mengetahui informasi ini adalah hal yang penting.

Ada beberapa jenis barang yang memiliki jumlah pembatasan dalam melakukan proses impor dan ekspor. Antara lain barang bekas yang telah di daur ulang, beras, gula, hewan, holtikultura dan sebagainya. Sedangkan salah satu barang illegal adalah bahan kimia, baik dalam bentuk bentuk larutan maupun mesin yang menggunakan bahan kimia. 

Hal ini dilarang untuk melindungi adanya pasar dalam negeri. Selanjutnya adalah udang, karena dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya apabila dilakukan pengiriman lama. Yang terakhir adalah limbah beracun. Sehingga apabila kamu ingin mengetahui cara impor barang dari Korea Kilo.Id ini memberikan informasi tentang barang apa saja yang legal untuk di impor.

2. Mengetahui Cara Perhitungan Volume 

Pengiriman barang dari luar negeri juga harus disesuaikan dengan ukuran barang. Oleh karena itu, perlu mengetahui ukuran dari barang sebelum dilakukannya pengiriman barang. Cara ini juga dijelaskan oleh platform Kilo.Id di bagian setelah daftar harga. Cara perhitungannya dengan menggunakan rumus perhitungan berat volumetrik ekspedisi internasional.

Sedangkan untuk rumus berat, Kilo.Id menjelaskan dengan contoh kasus. Apabila barang yang dikirim berat aktualnya 50 kg dan berat volumetrik 40 kg, maka berat aktual sebesar 50 kg yang akan dijadikan biaya kirim. Namun apabila berat aktual 30 kg dengan berat volumetriknya 40 kg maka berat volumetrik lah yang akan menjadi beban biaya kirimnya.

Pada cara impor barang dari Korea Kilo.Id dijelaskan contoh bagaimana pemilihan berat pada barang yang akan dilakukan pengiriman. Sebelumnya juga dijelaskan mengenai volumetrik. Rumus volume ini berupa panjang x lebar X tinggi dari barang yang dikemas. Jumlah dari volumetrik harus 5000. Apabila hasilnya melebihi 5000 maka aka nada biaya tambahannya. 

3. Dokumen Penting

Beberapa dokumen penting yang harus dipenuhi pengirim paket. Dokumen ini berisi informasi mengenai isi paket yang akan dikirim. Sehingga tanpa harus melihat isi paket di dalamnya pihak dari bea cukai maupun pihak ekspedisi dapat mengetahui isi dari paket dan mempermudah untuk cepat dalam pengiriman.

Dokumen tersebut adalah Packing List. Dalam packing list, berisi informasi lengkap mengenai nama pengirim, alamat pengirim, informasi barang, jumlah dari barang hingga berat dari barang yang dipaketkan. Selain itu juga terdapat informasi mengenai nama lengkap dari pengirim beserta alamatnya. Nama penerima terletak pada bagian atas dokumen.

Selain dokumen packing list, cara impor barang dari Korea Kilo.id memerlukan commercial invoice. Pada dokumen ini berisi mengenai harga per unitnya dan total pada satu paket tersebut. Dokumen ini dilengkapi dengan tanda tangan dari pengirim yang berada di pojok kanan bawah. Dokumen ini harus sesuai dengan isi dari paket, sehingga dapat lolos dari pemeriksaan bea cukai.

Itulah 3 hal yang perlu diketahui sebelum melakukan pengiriman ke luar negeri untuk menghindari resiko buruk yang terjadi selama pengiriman. Dengan mematuhi peraturan negara pada bidang ekspor dan impor, dapat menjamin barang yang dikirim lancar tanpa ada hambatan ketika pengiriman. Kilo.Id menjadi salah satu platform yang tepat untuk anda.

This Is The Newest Post